(Photo by Matt Collamer on Unsplash) |
Saya cukup yakin teman-teman yang sedang membaca artikel ini sedang bingung dengan pengurusan CAQ. CAQ atau Cerificat d’Acceptation du Québec atau Certificate of Acceptance of Québec adalah sertifikat atau surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Imigrasi Provinsi Québec sebagai bukti bahwa person yang bersangkutan diterima masuk provinsi Québec. Yups, provinsi ini memang istimewa. Dari 10 provinsi dan 3 teritori di Kanada, hanya Québec sendiri yang memiliki aturan khusus dalam izin masuk. Mungkin karena provinsi ini berbeda dengan provinsi lainnya, karena mayoritas penduduknya (51%) adalah orang Perancis sehingga bahasa resmi provinsi ini adalah Perancis.
Apapun alasannya, karena keharusan memiliki CAQ terutama
bagi orang asing yang akan menetap di provinsi Québec lebih dari 6 bulan, masuk
provinsi ini sedikit memakan waktu dan biaya. Alangkah baiknya persiapan untuk
pengurusan administrasi jika ingin sekolah atau bekerja di Québec minimal
adalah 2 bulan. Pengalaman saya, sejak mendapatkan LoA (Letter of Acceptance)
dari kampus, saya harus melengkapi berkas – berkas visa. Pada berkas visa
pelajar (study permit) yang perlu
perhatian lebih salah satunya adalah CAQ (tips pembuatan visa Kanada ada di
thread terpisah). Lama pembuatan CAQ bervariasi, lama saya mendapatkan CAQ
sejak submit aplikasi pertama kali adalah 23 hari. Sedangkan teman saya
mencapai 45 hari.
Langkah pertama sebelum mendaftar aplikasi CAQ, saya sarankan siapkan dokumen yang akan diperlukan agar kita ga perlu cari sana sini pada saat melakukan aplikasi online. Dokumen tersebut adalah:
Langkah pertama sebelum mendaftar aplikasi CAQ, saya sarankan siapkan dokumen yang akan diperlukan agar kita ga perlu cari sana sini pada saat melakukan aplikasi online. Dokumen tersebut adalah:
- Paspor aktif
- KTP
- Pastikan anda mengetahui kontak informasi institusi/universitas yang dituju.
- Pastikan anda mengetahui program studi, termasuk kapan mulainya, kapan berakhirnya (rencana), dan biaya (tuition fee)
- LoA
- Credit Card (Master card, Visa, American Express)
- Internet Stabil
- Komputer dengan spesifikasi :
·
Microsoft® Internet
Explorer® (128 bits)
Version 6.0 or 7.0 for Microsoft® Windows® XP or Vista
Version 6.0 or 7.0 for Microsoft® Windows® XP or Vista
·
Mozilla Firefox™ (128
bits)
Version 2.0 for Microsoft® Windows® XP or Vista, for Linux or for Macintosh OS X.
Version 2.0 for Microsoft® Windows® XP or Vista, for Linux or for Macintosh OS X.
·
Use JavaScript
language functions
·
Accept cookie files
·
Enable pop-ups for the
Website www.form.services.micc.gouv.qc.ca
Situs yang bersangkutan memiliki sistem keamanan akan otomatis
menutup sendiri jika tidak aktif dalam 30 menit, maka saya sarankan semua file
di atas ada di tangan pada saat pendaftaran.
Jika semua dokumen
lengkap, siap membayar biaya pendaftaran CAD110, maka anda siap melakukan
pendaftaran online pada situs http://www.immigration-quebec.gouv.qc.ca/en/electronic-services/caq-electronic/index.html.
Pilih menu “Fill in a new application” kemudian klik “Begin your application” Ada
11 Halaman yang berisi pertanyaan – pertanyaan.
Sebagai persiapan, berikut saya bahas pertanyaan – pertanyaan yang akan muncul dalam aplikasi online pembuatan CAQ.
Sebagai persiapan, berikut saya bahas pertanyaan – pertanyaan yang akan muncul dalam aplikasi online pembuatan CAQ.
1.
Personal
Information
Berisi pertanyaan tentang nama, jenis
kelamin, status pernikahan, tempat tanggal lahir, kewarganegaraan, dan bahasa
utama atau bahasa ibu. Entah kenapa bahasa Indonesia tidak ditemukan di sini,
jadi saya pilih “Javanese”.
Halaman 1 Form Pengajuan CAQ |
2.
Contact
Information
Berisi pertanyaan tentang alamat, no
kontak, email, dan bahasa yang digunakan untuk korespondensi (English/French).
3.
Accompanying
Persons
Berisi pertanyaan tentang jumlah person
yang akan menemani kita selama di sana. Kemudian lengkapin informasi tentang
orang tersebut, nama, tempat tanggal lahir, hubungan dengan anda, dan alasan
selama di Québec.
4.
Program
of Studies
Berisi pertanyaan tentang nama program
studi, kapan dimulai dan diakhiri, SPP tahunan,
5.
Educational
Institution
Berisi pertanyaan tentang nama institusi
pendidikan.
6.
Additional
Information
Berisi pertanyaan apakah sudah pernah
memiliki CAQ, jika sudah ada pertanyaan tentang nomor CAQ, tanggal dimulai dan
berakhirnya studi pada CAQ sebelumnya, dll. Juga pertanyaan tentang dimana anda
akan melakukan pengajuan aplikasi Visa, centang pada kategori yang sesuai
(apakah warga Amerika, pengajuan visa dari dalam Kanada, atau di luar Kanada.
Kemudia pilih kota pengurusan Visa.
Halaman 6 Form Pengajuan CAQ |
7.
Financial
Information
Jika diperlukan, maka lembar ini berisi
pertanyaan tentang informasi pendanaan.
8.
Authorizations
Berisi pertanyaan tentang kesediaan anda
untuk memberikan informasi anda kepada pihak ketiga, seperti orang tua.
9.
Verification
of Information Provided
Lembar ini hanya berisi summary dari jawaban
– jawaban yang telah anda berikan. Koreksi bila diperlukan atau ada jawaban
yang tidak sesuai.
10.
Consultation
Profile
Lembar ini seperti halnya kita membuat
akun. Maka kita wajib mengisi username,
password, dan security question.
11.
Payment
Pada lembar ini kita melakukan pembayaran
dengan kartu kredit.
12.
Download
of the Forms to be Sent
Lembar terakhir ini kita akan diarahkan
untuk mendownload form yang wajib kita isi tentang informasi kita dan tanda
tangan wali kita. Kemudian kita kirim ke Ministère
de l'Immigration, de la Diversité et de l'Inclusion
du Québec.
Kira – kira setelah menunggu 23 hari (kasus saya), CAQ keluar dalam bentuk softcopy. Sekitar 1,5 bulan kemudian, hardcopy CAQ saya sampai di alamat yang saya input pada pengajuan CAQ.
Saran
saya, setelah mendapat LoA sebaiknya sesegera mungkin mengurus CAQ. Dalam hal
imigrasi, pengurusan CAQ yang paling memakan waktu.
Good
Luck!!
Tidak ada komentar